Kamis, Juli 02, 2009

THE INSPIRATION

Di dalam sebuah cerita pasti ditentukan judul dan tema dari cerita tersebut. Begitupun dengan yang namanya Kehidupan. Dalam hidup kita pasti akan menentukan tujuan dan maksud dari hidup kita ini.
Banyak orang selalu beranggapan bahwa apa yang bisa mereka lakukan untuk hari ini adalah sebuah tujuan hidup hari ini tetapi sebenarnya itu semua salah. Jika hidup kita ini hanya berjalan apa adanya maka kita tidak akan mencapai yang namanya tujuan dan maksud yang sebenarnya dari hidup ini.
Ada banyak hal yang sering kita temui tiap harinya dan terkadang hal - hal tersebut kita jalani dan kita biarkan begitu saja. Jika kita tidak memiliki target dalam hidup ini maka kita akan memiliki yang namanya kesuksesan.
Pasti banyak rintangan yang akan kita hadapi dalam hidup ini dan kita harus menjalani semua rintangan itu ibarat membaca sebuah buku dan setelah dibaca kita harus menghadapi ujian yang semua soalnya di ambil dari buku tersebut.

Terkadang kita harus berpikir kritis dalam hidup ini. Sebenarnya masih banyak yang bisa kita lakukan hari ini selain menjalani hari ini seperti biasanya dan apa adanya.
Kita boleh memiliki yang namanya cita - cita tetapi belum tentu kita bisa menggapai cita - cita tersebut.
Kita boleh mengharapkan sesuatu yang besar terjadi dalam hidup kita tetapi belum tentu kita bisa mewujudnyatakan harapan itu dalam kehidupan kita.

Dahulu orang berpikir bahwa manusia tidak akan bisa seperti burung yang terbang bebas dan bisa mencapai tujuan dengan cepat tetapi Wright bersaudara melenyapkan anggapan itu seketika ketika mereka menciptakan pesawat terbang yang mereka beri nama Flyer pada tahun 1903.

Dahulu orang berpikir bahwa manusia tidak akan bisa berkomunikasi dengan keluarga dan kerabatnya yang lain selain menggunakan telepon rumah tetapi anggapan itu ternyata bisa dihilangkan sejak ditemukan Handphone untuk pertama kalinya oleh
tim dari vendor Motorola pada bulan April tahun 1973 dengan model DynaTAC. Dan itu dikerjakan oleh Dr.Martin Cooper bersama beberapa orang temannya sehingga orang bisa berkomunikasi kapan dan dimana saja.

Dahulu orang tidak tahu apa itu kuman dan apa pengaruhnya bagi manusia sampai pada akhirnya seorang penemu asal Belanda yang bernama
Antony van Leeuwenhoek pada tahun 1674 memaparkan tentang cairan sperma yang mengakibatkan penyuburan dalam sejarah manusia. Di dalam titik air kecil itu Leeuwenhock menemukan suatu dunia yang sama sekali baru, sepenuhnya dunia tak terduga, penuh dengan kehidupan. Meski belum disadarinya, dunia baru ini punya arti amat penting kepada umat manusia. Sesungguhnya, “benda amat kecil mikroskopis” itu yang diamatinya sering merupakan faktor kekuatan penting baik untuk kehidupan maupun kematian manusia. Sekali sudah ditelitinya, Leeuwenhoek sanggup menemukan kuman di pelbagai tempat yang berbeda-beda: di sumur dan di kubangan, di titik air hujan, di mulut dan usus menuju anus manusia. Dia melukiskan pelbagai bentuk bakteri, juga protozoa dan menghitung ukurannya.

Semua itu mereka lakukan tanpa harus menjalani hidupnya apa adanya. Mereka lebih suka mencari sesuatu yang baru selain menghabiskan hari - hari mereka dengan kegiatan rutinitas.
Semua butuh proses dan tentunya proses itu tidak secepat yang kita bayangkan. Terkadang kita sering merasa tersiksa dengan keadaan hidup kita tetapi sebenarnya kita tidak tahu bahwa kita dalam proses untuk mendapatkan jawaban kehidupan itu.
Jika ada di antara kita yang melihat hidup ini hanya dari satu sisi saja maka kita tidak akan bisa menemukan arti dari kehidupan yang sebenarnya.

Seorang dokter membutuhkan waktu yang cukup lama untuk bisa mengetahui semua penyakit yang ada di dunia;
Seorang perawat membutuhkan waktu untuk bisa belajar bersabar menghadapi pasiennya;
Seorang guru membutuhkan waktu untuk bisa melihat keberhasilan anak didiknya;
Seorang pemulung membutuhkan waktu untuk bisa mendapatkan uang agar bisa menghidupi keluarganya;
Seorang bayi membutuhkan waktu untuk bisa berbicara dan berjalan;
Seorang remaja butuh waktu untuk bisa membedakan mana yang baik dan mana yang buruk;
dan seorang pemuda / pemudi membutuhkan waktu untuk bisa menentukan pasangan hidupnya.
Tanpa kita sadari bahwa itu semua membutuhkan proses. dari profesi apapun, dari yang besar sampai yang kecil dan dari yang muda sampai yang tua.

Janganlah kita biarkan hidup kita berjalan apa adanya dengan segala rutinitas kita tetapi biarkan hidup itu bejalan seiring waktu dan diisi dengan berbagai hal yang baru dan tentunya positif sebab jika kita tidak bisa menciptakan sesuatu yang baru dalam hidup ini maka kita akan tertinggal jauh di belakang sebab dalam dunia ini yang abadi hanyalah PERUBAHAN dan itulah yang membuat kita harus terus belajar untuk berkompetisi serta belajar untuk mencari makna dan tujuan hidup yang sebenarnya.

0 komentar: